Berbagai Kegunaan Rumput


 
Rumput terkadang dianggap sebagai gulma, yaitu tumbuhan pengganggu tanaman bila berada di sekitar tanaman utama atau tanaman yang sengaja ditanam. Meskipun begitu, rumput juga bisa dijadikan sebagai penghias taman di depan rumah. Rumput juga digunakan di lapangan-lapangan olahraga, seperti sepak bola, kriket, dan sebagainya.
Selain itu, ternyata rumput punya banyak kegunaannya, lho. Rumput yang kamu tanam di halaman rumah bisa membuat halaman rumah menjadi terasa lebih hijau dan segar. Tak hanya membuat rumah terasa hijau dan segar. Ternyata rumput juga memegang peranan penting dan banyak fungsinya, lho.
            Diantaranya adalah sebagai pelindung tanaman dan penahan air. Jadi tak hanya pohon saja yang dapat menahan air, rumput juga dapat menutupi tanah dan mencegah pengikisan tanah di saat hujan. Pada saat hujan, air akan diserap ke tanah dibantu oleh rumput. Dengan begitu, air hujan tidak langsung mengalir ke selokan, tetapi ditahan dulu oleh rumput. Di samping itu, rumput juga bisa memperbaiki kesuburan tanah sehingga kita pun turut menjaga lingkungan. Juga menjadi salah satu pakan yang bisa dimakan.
            Rumput untuk kesehatan.
Selain untuk menjaga lingkungan dan pakan ternak, ternyata rumput juga digunakan bagi kesehatan manusia. Rumput yang digunakan adalah jenis rumput teki (Cyperus rotundus). Menurut salah satu peneliti tanaman obat, bagian rumput teki yang biasa digunakan adalah umbinya. Umbinya ini mengandung alkaloid, flavonid, sineol, pinen, siperon, rotunal, siperenon, dan siperol.
            Rumput teki adalah rumput yang tumbuh liar di tempat terbuka. Tumbuhan ini hidup pada ketinggian 2 - 3.000 meter (m) di atas permukaan laut. Rumput ini memiliki tinggi 10 – 95 centimeter (cm). Batang rumputnya berbentuk segitiga dan tajam.  Daunnya berjumlah 4 – 10 helai pada pangkal batang. Permukaan atas berwarna hijau mengkilat dengan panjang daun 10 – 30 cm dan lebar 3 – 6 cm.
            Meski tumbuh sebagai gulma, rumput jenis ini memiliki manfaat yang besar. Rumput ini bisa dijadikan obat alami dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional di China. Sementara dalam pengobatan tradisional di India, rumput teki juga dipakai untuk mengatasi demam dan gangguan saluran pencernaan. Untuk pemakaian luar, rumput teki juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit biru akibat terbentur dan radang kuku.
            Wah, ternyata rumput tak hanya berguna sebagai penghias taman di halaman rumah atau di lapangan sepak bola. Rumput pun berguna untuk kesehatan.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pembagian Kelas Baru Tahun Pelajaran 2012-2013

Daftar Siswa Tahun Pelajaran 2018-2019

Daftar Siswa Kelas Tahun Pelajaran 2015/2016