Daur Ulang Kertas

Daur Ulang Kertas?

Ya..
Itulah yang teman-teman pelajari dari kelas 5 SDK Santa Maria Blitar. Daur ulang kertas menjadi salah satu materi belajar Ramah Lingkungan. Sudah tiga tahun ini sekolah mengenalkan proses membuat kertas daur ulang.
Mengapa daur ulang kertas?
03-12-2009
Anak-anak sedang mencoba mendaur ulang kertas.


Daur ulang kertas menjadi penting untuk dikenalkan kepada siswa, karena:
  1. Daur ulang kertas menjadi bentuk kepedulian terhadap upaya mencegah pemanasan global.
  2. Daur ulang kertas menjadi salah satu alternatif untuk memperpanjang usia kertas. Dengan daur ulang kertas bekas tidak begitu saja dibuang, tetapi bisa dimanfaatkan lagi.
  3. Daur ulang menjadi peluang bisnis yang tidak sedikit nilai ekonominya. Hal ini dibuktikan dengan usaha wali murid dibidang daur ulang kertas menjadi eggtray, yang banyak dibutuhkan di Blitar.
  4. Daur ulang kertas, mengurangi kebutuhan untuk menebang pohon sebagai bahan baku kertas. Sebagai mana kita tahu, untuk memproduksi kertas dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dimulai dari pembenihan, penanaman, panen, produksi dan distribusi, produksi kertas memakan waktu yang sangat lama. Oleh karena itu daur ulang kertas merupakan salah satu solusi pengadaan kertas.
  5. Proses daur ulang kertas sangat sederhana.
Daur ulang kertas di SDK Santa Maria Blitar lahir dari keprihatinan begitu banyaknya sampah kertas yang dihasilkan SDK Santa Maria Blitar. Dengan daur ulang tersebut tentu saja akan banyak mengurangi sampah kertas yang sia-sia.

Saat ini Saudara Manan, menangani daur ulang kertas di SDK Santa Maria Blitar ini. Ia sedang mengerjakan pesanan celengan untuk anak-anak hasil kerja sama SDK Santa Maria Blitar dengan Bank Permata Blitar, dalam rangka mendukung gerakan Ayo Menabung.
03-12-2009
Celengan untuk siswa dari Bank Permata Blitar

03-12-2009
Kertas daur ulang untuk bungkus souvenir

Adapun hasil dari daur ulang kertas tersebut dapat dimanfaatkan untuk:
  1. Amplop.
  2. Bungkus souvenir
  3. Undangan
  4. Celengan
Apapun dan bagaimanapun hasil daur ulang kertas, tentulah memiliki sisi positif bagi lingkungan. Oleh karena itu, marilah kita beri dukungan bagi mereka yang terlibat dalam proses tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Pembagian Kelas Baru Tahun Pelajaran 2012-2013

Daftar Siswa Tahun Pelajaran 2018-2019

Daftar Siswa Kelas Tahun Pelajaran 2015/2016