Ada yang baru di UKS SDK Santa Maria Blitar

Kegiatan UKS

Bu Dokter sedang meriksa anak-anak

Setelah lama tidak terdengar aktivitasnya, UKS (Unit Kesehatan Sekolah) SDK Santa Maria Blitar tampil baru dan beda.

Mulai tahun pelajaran 2009 ini UKS memiliki serangkaian program kegiatan yang sangat menarik. Dua di antaranya adalah
1. Kegiatan UKS masuk kegiatan ekstra kurikuler. Di sana dibentuk kader UKS. Kader UKS ini mengikuti seleksi pada awalnya. Jadi tidak semua dan sebarang anak bisa bergabung. Ini dilakukan karena kader UKS memiliki tugas yang tidak mudah.
2. UKS memiliki serangkaian program yang sangat bermanfaat bagi sekolah.Program tersebut adalah pemeriksaan kesehatan terhadap siswa-siswi SDK Santa Maria Blitar. Pemeriksaan tersebut meliputi kesehatan telinga, mata,gigi, dan juga masalah kesehatan secara umum.

Kegiatan ini tentu saja melibatkan beberapa pihak. KPPSM (Komite Peduli Pendidikan Santa Maria), Wali Murid, dan juga para dokter di Blitar.

Kegiatan ini dilakukan setiap hari Jumat dan Sabtu. Dengan kegiatan ini diharapkan kesehatan anak-anak bisa lebih terjaga. Setiap anak memiliki dokumen tertulis yang berisi riwayat pemeriksaan yang telah dilakukan. Orang tuapun dapat berkonsultasi tentang kesehatan anaknya.

Seperti hari ini, anak anak kelas 2 menjalani pemeriksaan. Dari pemeriksaan tersebut ada beberapa anak yang kedapatan telinganya kotor sehingga butuh pembersihan. Hal itu disampaikan kepada orang tua. Begitu pula dengan pemeriksaan gigi. Ditemukan beberapa anak yang memiliki masalah dengan giginya.

Kepedulian orang tua untuk merespon apa yang dilakukan sekolah lewat UKS ini semestinya ditingkatkan sehingga keadaan anak yang sehat dapat tercapai dengan adanya program UKS ini. Sudah semestinya pula program ini mendapat dukungan semua pihak, warga sekolah dan juga semua orang yang peduli sengan kesehatan.

Comments

Popular posts from this blog

Pembagian Kelas Baru Tahun Pelajaran 2012-2013

Daftar Siswa Tahun Pelajaran 2018-2019

Daftar Siswa Kelas Tahun Pelajaran 2015/2016