Selamat Datang Para Penilai Sekolah Adiwiyata 2009

Hari ini sekolah kedatangan tamu istimewa. Siapa dia? Dia adalah para penilai sekolah adiwiyata 2009 tingkat nasional. Dari Kementerian Lingkungan Hidup Jakarta. Para penilai terdiri dari 4 orang yang semuanya laki-laki.
Kabarnya kedatangan para tamu ini cukup mengejutkan karena beliau datang lebih cepat satu minggu dari yang dijadwalkan. Oleh karena ini, sesuai dengan 'adat', sekolah menerima kedatangan beliau-belia dengan alami, apa adanya. Ada temen-temen duta lingkungan yang menyambut dan menemani mereka melakukan penilaian. Juga Suster Andri, SSpS, Pak Paulus, Pak Boni, Bu Puji, Bu dr. Christine dari KPPSM dan beberapa anggota menyambut mereka.

Apa yang dinilai oleh para penilai? Ya, ini pertanyaan penting. Sebelum menjelaskan ini, ada informasi yang perlu dibagi, yaitu bahwa sekolah kita, SDK Santa Maria BLitar mewakili Kota Blitar dan Propinsi Jawa Timur untuk dinominasikan menjadi sekolah Adiwiyata tingkat nasional untuk kategori sekolah dasar. Nah, para penilai datang langsung dari Jakarta, menilai sekolah kita.

Ada 2 hal penting yang dinilai, yaitu; kurikulum yang berbasis lingkungan hidup dan fisik/ sarana dan prasarana sekolah yang bersahabat dengan alam.

Bagaimana hasil penilaian?
Dari omong-omong setelah penilaian, para penilai menyatakan 'sangat terkesan' dengan sekolah kita. Mulai dari cara anak-anak yang bersahaja, apa adanya, alami, dan sangat bersahabat dalam menyambut mereka dan dengan apa yang telah dilakukan sekolah, terutama untuk lahan seluas itu. Wow, sangat terkesan, lain dari yang lain, katanya. Semua penilaian positif tentu akan membuat kita semakin mantap untuk meneruskan kebiasaan baik. sementara untuk penilaian yang bersifat memberi koreksi dan masukan tentu akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi kita untuk lebih baik lagi dalam mewujudkan sekolah ramah lingkungan.

Terus?
Sesuai dengan niat sekolah, ada atau tidak ada penghargaan adiwiyata, menang atau kalah, niat baik harus jalan terus dan terus agar bumi kita yang satu, bisa lebih baik. Terutama sekolah kita, tempat mencari dan berbagi nilai hidup menjadi semakin nyaman, kita semua semakin nyaman di dalamnya.


Comments

Popular posts from this blog

Pembagian Kelas Baru Tahun Pelajaran 2012-2013

Daftar Siswa Tahun Pelajaran 2018-2019

Daftar Siswa Kelas Tahun Pelajaran 2015/2016