Mampukah Siswa SDK Santa Maria Masuk Sekolah Favorit?

Pertanyaan di atas sering kita dengar, terutama dari wali murid kelas VI. Pertanyaan bernada gusar dan seolah meremehkan kemampuan anak-anaknya sendiri tersebut muncul seiring semakin dekatnya UASBN dan Kelulusan.


Mengapa wali murid SDK Santa Maria merasa kuatir dengan kemampuan anak-anak dan bahkan sekolah dalam mendampingi anak-anak belajar? Apakah selama ini anak-anak lulusan SDK Santa Maria Blitar tidak bisa masuk sekolah favorit?
Jawaban-jawaban pertanyaan di atas sulit untuk di jawab secara logis. Kenapa?
Pertama, kita tidak bisa begitu saja menentukan sekolah tersebut favorit atau tidak. Kategori favorit, merujuk pada pandangan umum, adalah sekolah yang diminati banyak orang. Selama ini SMP yang diminati oleh banyak siswa SDK Santa Maria Blitar adalah SMPK Yos Sudarso Blitar. Sementara sekolah unggulan adalah sekolah yang memiliki keunggulan dalam hal tertentu di suatu daerah. Menurut pandangan wali murid dan orang awam sekolah unggulun di Blitar adalah SMP 1 dan SMP 3, juga beberapa SMP yang lain.
Kedua, tidak semua anak-anak kita yang mampu secara akademik tertarik masuk sekolah unggulan. Mereka memiliki cara pandang tersendiri tentang sekolah. Dan itu harus kita hargai.

Realitas selama ini bagaimana?
Sekolah, mengemban misi meningkatkan kualitas peserta didik. Dalam hal ini secara khusus mendampingi anak-anak berproses dalam belajar. Berhubungan dengan pemilihan sekolah tujuan setelah lulus, sekolah lebih berperan untuk mendampingi, mendukung dan mempersiapkan anak-anak untuk masuk ke sekolah yang diinginkannya. Ke mana keinginan belajar mereka di SMP?

Dari catatan yang ada, inilah daftar sekolah yang menjadi tujuan mereka selama ini:
1. SMPK Yos Sudarso
2. SMPN 1 Blitar terutama Program RSBI
3. SMPN 3 Blitar
4. SMPN 2 Blitar
5. SMPN 4 Blitar
6. SMPN 5 Blitar
7. SMPN 7 blitar
8. SMPK Yohanes Gabriel
9. SMPK Santo Yusup Blimbing Malang
10.SMPK Santa Maria Malang
11.SMPK Corjesu Malang, dan beberapa sekolah di luar kota

Kemana anak-anak SDK Santa Maria lulusan tahun 2007-2008 melanjutkan studinya? Berikut adalah rekaman perjalanan studi 75 siswa SDK Santa Maria Blitar tahun lalu setelah lulus dari SDK Santa Maria BLitar.

SEKOLAH JUMLAH %
SMPK YOS SUDARSO 31 anak 41,3%
SMP 3 12 anak 16,%
RSBI 12 anak 16,%
SMP 4 6 anak 8,%
SMP di LUAR BLITAR 5 anak 6,7 %
SMP 5 4 anak 5,3 %
SMPK LAIN 3 anak 4,%
SMP 1 reguler 2 anak 2,7 %

Berdasarkan penelusuran lebih lanjut pada anak-anak kelas VI, SMPK Yos Sudarso, SMPN 1 RSBI dan SMPN 3 adalah sasaran utama mereka. Beberpa alasan mereka adalah:
SMPK Yos Sudarso, sebagian anak memiliki ikatan batin dengan SMPK Yos Sudarso karena orang tua mereka, saudara dan bahkan kakak mereka berada di sana. Selain itu, bila mereka memiliki saudara yang sekolah di sekolah katolik mereka akan memiliki kalender pendidikan yang sama terutama yang terkaitan dengan libur. Hal ini yang tidak pernah mereka miliki jika mereka belajar di sekolah negeri. Mereka akan memiliki hari libur yang berbeda dengan saudara yang bersekolah di swasta, terutama sekolah katolik.
SMPN 1 Blitar, sebagian anak yang memang mampu secara akademik dan ekonomi, akan memilih ini. Kehadiran RSBI tak bisa dimungkiri menjadi pilihan menarik bagi kelompok ini, Ada alternatif lain untuk mendapatkan pendidikan yang "lebih" dari pada mereka belajar di luar kota.
SMPN 3, sebagian anak memiliki alasan, sekolah ini berdekatan dengan SDK Santa Maria BLitar. Jika mereka memiliki saudara yang masih belajar di SDK Santa Maria, mereka dan juga orang tua tidak akan kerepotan dengan masalah transportasi. Keinginan ikut drumband juga menjadi faktor pendukung yang lainnya.
Nah kalau sudah seperti ini, bagaimana?

Pertanyaan di judul tulisan ini sedikit banyak terjawab sudah. Adalah penting bagi kita untuk mengetahui ke mana anak-anak akan melanjutkan belajarnya, dan apa alasannya. Banyak hal yang tidak bisa di ungkapkan begitu saja alasan seseorang untuk memilih sekolah mana yang ia akan masuki. Banyak pertimbangan dan alasan.
Ke manapun dan di manapun anak-anak belajar, kami percaya ia akan mampu bersaing, mampu memberikan yang terbaik yang ia punya.
Sebagai contoh lain, tahun pelajaran 2006-2007, 8 anak melamar ke RSBI SMP 1 Blitar, 6 anak di terima, 1 mengundurkan diri. Tahun berikutnya 2007-2008, 16 anak melamar, 14 diterima, 2 mengundurkan diri. Masihkah kita ragu dengan kemampuan mereka?
Selamat belajar dan mempersiapkan ujian. Semoga bisa meraih yang terbaik. I believe you can do it. @pepe

Comments

  1. saya harap murid-murid angkatang 2008/2009 dapat diterima di SMP pilihannya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pembagian Kelas Baru Tahun Pelajaran 2012-2013

Daftar Siswa Tahun Pelajaran 2018-2019

Daftar Siswa Kelas Tahun Pelajaran 2015/2016