Pahlawan Nasional - Sultan Agung Hanyokrokusumo (1591-1645)

SULTAN AGUNG HANYOKROKUSUMO
(1591-1645)


Pahlawan nasional yang memiliki nama asli Raden Mas Jatmiko ini lahir di Yogyakarta pada tahun 1591. Ayahnya bernama Prabu Hanyakrawati dan ibunya adalah Ratu Mas Adi Dyah Banawati. Sultan Agung adalah keturunan bangsawan. Sang ayah merupakan raja kedua Mataram, sementara ibunya merupakan putri Pangeran Benawa, raja Kesultanan Pajang.

Sultan Agung mewarisi takhta raja dari ayahnya pada tahun 1613. Dengan demikian, ia merupakan raja ketiga Mataram. Ia memerintah kerajaan itu hingga tahun 1645.

Selama kepemimpinannya, Mataram tumbuh menjadi kerajaan terbesar di Nusantara. Saat itu Mataram menguasai hampir seluruh Jawa, dari Pasuruan sampai Cirebon. Sultan Agung benar-benar pemimpin yang hebat!

Sultan Agung memandang bahwa persatuan dan kesatuan negeri adalah hal yang sangat penting. Karena itulah ia sangat membenci Belanda yang saat itu menguasai Batavia melalui perkumpulan dagang mereka. Perkumpulan dagang tersebut bernama Vereenigde Oost Indische Compagnie yang disingkat VOC.

Sultan Agung beberapa kali menyerang VOC dan mengadakan perang besar-besaran dengan Belanda. Serangan pertama dilakukan lewat laut pada tahun 1628. Namun, Belanda berhasil menghalau serangan karena memiliki persenjataan yang canggih. Meskipun demikian, Sultan Agung tidak menyerah.

Sultan Agung kembali melakukan serangan setahun berikutnya, kali ini dilakukan lewat darat. Pada serangan tersebut, ia menyiapkan perbekalan sebaik mungkin sebagai bagian dari strateginya. Upayanya itu cukup berhasil, sebab Benteng Hollandia berhasil dikuasai pasukannya. Sayangnya, benteng tersebut tidak bisa dipertahankan karena pasukan Mataram dilanda kelaparan. Ada pengkhianat yang menginformasikan letak gudang makanan kepada Belanda. Gudang tersebut pun akhirnya dibakar habis oleh penjajah Belanda.

Sultan Agung wafat di Kartosuro pada tahun 1645. Sampai akhir hayatnya, ia sama sekali tidak mau berdamai dengan penjajah meskipun beberapa kali VOC mengajukan tawaran kerjasama.

Comments

Popular posts from this blog

Pembagian Kelas Baru Tahun Pelajaran 2012-2013

Daftar Siswa Tahun Pelajaran 2018-2019

Daftar Siswa Kelas Tahun Pelajaran 2015/2016