Pahlawan Nasional - Sultan Iskandar Muda

SULTAN ISKANDAR MUDA
(1593-1636)


 Adakah di antara adik-adik yang tahu siapa pahlawan ini? Ya, benar sekali, Sultan Iskandar Muda adalah seorang sultan pada masa Kesultanan Aceh. Berdasarkan catatan sejarah, ia dilahirkan di Banda Aceh pada tahun 1593, dan wafat di Banda Aceh pada 27 September 1636. Ia dilahirkan oleh seorang ibu bernama Puteri Raja Indra Bangsa, dengan ayah bernama Sultan Alauddin Mansur Syah.

Sultan Iskandar Muda menjadi sultan di Kesultanan Aceh mulai dari tahun 1607 sampai dengan tahun 1636. Nah, coba adik-adik hitung, berapa lama ia memegang takhta sultan di kesultanan tersebut? Betul sekali, ia berkuasa selama kurang lebih 29 tahun.

Satu hal yang sangat menarik dari pahlawan nasional ini adalah dia menjadi sultan pada usia yang masih sangat muda, yakni pada usia 14 tahun. Meski demikian, tahukah adik-adik, Sultan Iskandar Muda berhasil membawa Aceh menjadi kesultanan yang makmur, kuat, dan berjaya, sehingga Aceh sangat disegani dan dihormati oleh kerajaan-kerajaan lain di seluruh dunia. Nah, itu semua tidak terlepas dari ketangkasan dan kecerdasan Sultan Iskandar Muda dalam memimpin.

Sultan Iskandar Muda terkenal sebagai pejuang yang sangat gigih dalam melawan Portugis yang saat itu hendak menjajah Aceh. Ia sama sekali tidak mau berkompromi dengan penjajah tersebut. Portugis sempat menyerang Aceh untuk mengambil alih dan memonopoli perdagangan lada di daerah itu. Namun, Sultan Iskandar Muda berhasil mematahkan serangan tersebut. Ia bahkan berkali-kali menyerang markas Portugis di Malaka. Serangan-serangan itu dilakukan mulai dari tahun 1615 sampai dengan 1629.

Untuk mempertahankan kedaulatan negeri dari ancaman penjajah, Sultan Iskandar Muda membangun angkatan perang. Ia mempersiapkan anggota-anggota tentara dengan latihan militer sejak mereka masih berusia muda. Para pemuda itu mendapat didikan dan keterampilan militer dari para pelatih ahli, di antaranya sengaja didatangkan dari luar negeri. Cara itu ternyata cukup ampuh, sebab berhasil menghasilkan pasukan perang yang sangat tangguh dan sulit terkalahkan. Dengan pasukan itu, Sultan Iskandar Muda berhasil mengusir pihak-pihak asing yang hendak menjajah dan mengusai Aceh.

Comments

Popular posts from this blog

Pembagian Kelas Baru Tahun Pelajaran 2012-2013

Daftar Siswa Tahun Pelajaran 2018-2019

Daftar Siswa Kelas Tahun Pelajaran 2015/2016