Santo Arnold Janssen, SVD


 

 Jansen lahir pada tanggal 5 November 1837 di Goch, sebuah kota kecil di Rhineland yang lebih rendah (Jerman). Yang kedua dari sepuluh anak, orang tuanya menanamkan dalam dirinya devosi yang mendalam kepada agama. Dia ditahbiskan sebagai imam pada tanggal 15 Agustus 1861 untuk keuskupan Muenster dan ditugaskan untuk mengajar ilmu pengetahuan alam dan matematika di sebuah sekolah menengah di Bocholt. Di sana dia dikenal sebagai guru yang ketat tapi hanya seorang guru. Karena pengabdiannya yang mendalam kepada Hati Kudus Yesus, dia diangkat menjadi Direktur Apostolik untuk Pastoral Apostolik. Kerasulan ini mendorong Arnold untuk membuka diri terhadap orang-orang Kristen dari denominasi-denominasi lainnya.

Sedikit demi sedikit dia menjadi lebih sadar akan kebutuhan spiritual orang-orang yang berada di luar batas keuskupannya sendiri, mengembangkan perhatian yang mendalam terhadap misi universal gereja tersebut. Dia memutuskan untuk mengabdikan hidupnya untuk membangunkan gereja Jerman sebagai tanggung jawab misionarisnya. Dengan pemikiran ini, pada tahun 1873 dia mengundurkan diri dari jabatan pengajarnya dan segera setelah mendirikan The Little Messenger of the Sacred Heart. Majalah bulanan yang populer ini mempresentasikan berita tentang kegiatan misionaris dan mendorong orang-orang Katolik berbahasa Jerman untuk berbuat lebih banyak untuk membantu misi tersebut.

Inilah masa-masa sulit bagi Gereja Katolik di Jerman. Bismark melepaskan "Kulturkampf" dengan serangkaian undang-undang anti-Katolik, yang menyebabkan pengusiran imam dan religius dan pemenjaraan banyak uskup. Dalam situasi kacau ini, Arnold Janssen mengusulkan agar beberapa imam yang diusir bisa pergi ke misi luar negeri atau setidaknya membantu persiapan misionaris. Perlahan tapi pasti, dan dengan sedikit dorongan dari Vikaris Apostolik Hong Kong, Arnold menemukan bahwa Tuhan memanggilnya untuk melakukan tugas yang sulit ini. Banyak orang mengatakan bahwa dia bukan orang yang tepat untuk pekerjaan itu, atau bahwa waktunya tidak tepat untuk proyek semacam itu. Jawaban Arnold adalah, "Tuhan menantang iman kita untuk melakukan sesuatu yang baru, tepat ketika banyak hal runtuh di dalam Gereja."

Dengan dukungan sejumlah uskup, Arnold meresmikan rumah misi pada tanggal 8 September 1875 di Steyl, Belanda, dan dengan demikian memulai Misionaris Tuhan Ilahi. Sudah pada tanggal 2 Maret 1879 dua misionaris pertama berangkat ke China. Salah satunya adalah Joseph Freinademetz.

Sadar akan pentingnya publikasi untuk menarik panggilan dan pendanaan, Arnold memulai percetakan hanya empat bulan setelah peresmian rumah tersebut. Ribuan orang awam dermawan menyumbangkan waktu dan usaha mereka untuk animasi misi di negara-negara berbahasa Jerman dengan membantu mendistribusikan majalah dari Steyl. Sejak awal kongregasi baru berkembang sebagai komunitas kedua imam dan saudara.

Relawan di rumah misi termasuk wanita dan pria. Sejak awal, sekelompok wanita, termasuk Beato Maria Helena Stollenwerk, melayani masyarakat. Tapi keinginan mereka adalah melayani misi sebagai Sisters Religius. Layanan setia dan tanpa pamrih yang mereka tawarkan secara bebas, dan pengakuan akan peran penting yang dapat dimainkan wanita dalam jangkauan misionaris, mendesak Arnold untuk menemukan kongregasi misi "Hamba Roh Kudus," SSpS, pada tanggal 8 Desember 1889. Yang pertama Suster berangkat ke Argentina pada tahun 1895.

Pada tahun 1896 Fr. Arnold memilih beberapa suster untuk membentuk cabang yang tertutup, untuk dikenal sebagai "Hamba Roh Kudus dari Adorasi Abadi", SSpSAP. Pelayanan mereka terhadap misi adalah untuk mempertahankan pemujaan Sakramen Mahakudus tanpa henti, berdoa siang dan malam untuk gereja dan terutama bagi dua jemaat misionaris yang aktif lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Pembagian Kelas Baru Tahun Pelajaran 2012-2013

Daftar Siswa Tahun Pelajaran 2018-2019

Daftar Siswa Kelas Tahun Pelajaran 2015/2016