Pesta Peringatan Santa Perawan Maria





Santa Perawan Maria adalah seorang perawan yang tinggal di Nazaret, daerah Galilea. Yoakim dan Anna adalah nama ayah dan ibunya. Sebagai seorang Yahudi, Santa Perawan Maria sangat mengharapkan kedatangan sang Mesias, yaitu Juru Selamat dunia. Dalam kehidupan Gereja Katolik, Bunda Maria merupakan sosok pribadi yang mempunyai tempat sungguh istimewa. Gereja Katolik sangat menghormatinya, sehingga dapat kita lihat, begitu kuat Devosi terhadap Santa Perawan Maria.


Penghormatan ini dilakukan oleh Gereja Katolik dengan berbagai cara dan Devosi. Gereja Katolik memberikan bulan khusus, yaitu Mei dan Oktober untuk menghormati Santa Perawan Maria. Pada bulan tersebut, Gereja Katolik mengajak umatnya untuk berdoa Rosario, baik secara pribadi maupun berkelompok (baik di lingkungan/stasi, dsb) ataupun lewat ziarah-ziarah ke gua Maria. Dalam Liturgi, Gereja Katolik menempatkan beberapa pesta yang berkaitan dengan Bunda Maria. Hal tersebut menunjukkan bahwa Santa Perawan Maria sungguh mempunyai tempat yang istimewa di dalam Gereja Katolik.


Tidak biasanya kita merayakan hari kelahiran para kudus. Biasanya kita merayakan hari wafatannya, karena pada hari itulah mereka dilahirkan ke dalam sukacita surgawi. Namun, hari kelahiran bunda kita Santa Perawan Maria, merupakan suatu pengecualian. Kita merayakan hari kelahirannya karena datang ke dunia dalam keadaan penuh rahmat serta menjadi Bunda Yesus.
 
Kelahiran Bunda Maria bagaikan fajar. Pada waktu pagi, ketika cakrawala mulai berwarna merah, kita tahu bahwa matahari akan segera terbit. Demikian juga ketika Santa Perawan Maria dilahirkan, Ia membawa sukacita yang besar bagi dunia. KelahiranNya berarti bahwa Yesus Sang Penyelamat, akan segera datang. Santa Perawan Maria adalah manusia mengagumkan yang memperoleh hak istimewa untuk membawa Yesus kepada segenap umat manusia.

Jika kita mengasihi Santa Perawan Maria, berarti kita mengasihi Yesus. Siapapun yang memiliki devosi yang amat kuat kepada Santa Perawan Maria, ia amat dekat di Hati Kudus Yesus.


Pada hari ini, kita merayakan dengan sukacita kepada seluruh dunia dengan kelahiran Santa Perawan Maria. Kita selalu dapat dapat datang kepadanya untuk memohon pertolongan. Ia amat dekat di Hati Kudus Yesus. Ujud khusus apakah yang akan aku minta kepada Bunda Maria pada hari ini?





Comments

Popular posts from this blog

Pembagian Kelas Baru Tahun Pelajaran 2012-2013

Daftar Siswa Tahun Pelajaran 2018-2019

Daftar Siswa Kelas Tahun Pelajaran 2015/2016