Penghargaan Piala Adiwiyata Mandiri Oleh Walikota Blitar

             Bahagia dan bangga itulah perasaan yang dirasakan oleh semua warga sekolah yang bergelar sekolah Adiwiyata Mandiri ketika menerima penghargaan piala Adiwiyata Mandiri dari Bapak Walikota Blitar pada hari Selasa, 17 Juli 2012 yang lalu. Penyerahan penghargaan piala Adiwiyata tersebut diterima oleh Bapak Kepala SDK Santa Maria di halaman aula SMA Negeri 1 kota Blitar yang disaksikan oleh ratusan udangan yang hadir disana. Acara yang berlangsung cukup meriah tersebut semakin sempurna ketika Bapak R. B. Priya Dwi Martono S. Pd dan Ibu Puji Rahayu, S. Pd selaku seksi kurikulum pendidikan lingkungan hidup menerima piagam penghargaan sebagai tim penilai Adiwiyata Kota. Perjuangan panjang dan kerja keras serta semangat pantang menyerah dari seluruh elemen warga sekolah menjadi kunci utama keberhasilan sekolah ini dalam memperoleh gelar sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri.  
Kata ADIWIYATA berasal dari 2 (dua) kata Sansekerta yaitu “ADI” dan “WIYATA”. Adi memiliki makna besar, agung, baik, ideal dan sempurna. Wiyata memiliki makna sebagai tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Jadi ADIWIYATA mempunyai pengertian  atau makna sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.  
Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif. Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Program Adiwiyata harus berdasarkan norma-norma Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam. 

Comments

Popular posts from this blog

Pembagian Kelas Baru Tahun Pelajaran 2012-2013

Daftar Siswa Tahun Pelajaran 2018-2019

Daftar Siswa Kelas Tahun Pelajaran 2015/2016