Outbound 2012

 Tahun 2012 adalah tahun spesial bagi siswa-siswi SD Katolik Santa Maria Blitar khususnya mereka yang duduk di bangku kelas 6. Bagaimana tidak? Kegiatan akhir tahun pelajaran 2012 ditutup dengan kegiatan outbound yang dikemas jauh lebih menarik daripada tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan outbound yang diadakan mulai tanggal 14, 15 dan 16 Juni selama tiga hari berturut-turut tersebut menjadi momen tak terlupakan di hati para siswa. Kegiatan outbound sendiri merupakan bentuk pembelajaran di luar kelas, pembelajaran kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka berdasarkan pada sikap sehari-hari seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif.
Kegiatan outbound yang dipimpin oleh Bapak Bonifatius Sunarno, S. Ag guru kelas 6A beserta panitia yang lain dibuka sekitar pukul 14.30 siang oleh Bapak Kepala Sekolah R. B. Priya Dwi Martono, S. Pd di aula SANAKRIDA SDK Santa Maria dengan ditandainya bunyi sirene kegiatan outbound sudah dimulai. Kegiatan outbound yang dilaksanakan pada hari pertama dilaksanakan di halaman tengah sekolah dengan berbagai macam game mulai dari Hulahop, Pagar Listrik, Memindahkan Racun, Balon Gendong, Sarang Laba-Laba, Aral Lintangan, dan lain-lain yang tentunya membutuhkan komunikasi dan kerjasama antar tim yang baik. Kegiatan hari pertama tersebut berjalan dengan sukses hingga bunyi sirene dikumandangkan kembali sekitar pukul 17.30 sore kala itu.

 Memasuki hari kedua kegiatan outbound menjadi semakin lebih menantang. Dimana mereka ditantang untuk melakukan “Jelajah Alam” dengan jarak kurang lebih tujuh kilometer di area perkebunan kopi Kampung Anyar dengan berbekal papan penunjuk arah. Semangat kebersamaan dan pantang mundur menjadi modal utama anak-anak pemberani ini untuk menaklukan jalan yang terjal, lereng berbukit dan pepohonan tua yang sudah berumur puluhan dan bahkan ratusan tahun di sana. Yel-Yel Air dan Flaying Fox menjadi game pelengkap hari itu. Sedikit berbeda dengan kedua game yang telah dilakukan sebelumnya. Flaying Fox memberikan nuansa luar biasa kala itu karena dibutuhkan keberanian, motivasi dari teman-teman dan anggota keluarga untuk melakukannya. Alhasil kegiatanpun berjalan dengan sukses di hari kedua itu dengan kembalinya anak-anak berlayar di pulau kapuk dimalam hari.

 
 Ketika sang surya telah menampakkan senyumnya di ujung timur pertanda hari kedua telah berganti. Pagi itu anak-anak ceria ini memulai aktifitas mereka dengan bangun pagi, merapikan tempat tidur, mandi dan berdoa. Selanjutnya mereka melakukan jogging di luar sekolah didampingi oleh panitia pemandu yang penuh semangat. Meskipun demikian mereka masih menyempatkan diri untuk mengikuti kegiatan ibadah misa di gereja Santo Yusup Blitar. Unjuk kreasi spontan perkelompok dan sumbangan tari-tarian atau dance dari adik-adik kelas mereka di atas panggung aula SANAKRIDA semakin memeriahkan acara hari ketiga itu hingga detik-detik yang ditunggu-tunggupun tiba yaitu pengumuman kelulusan siswa-siswi kelas 6. Hisak tangis, jeritan dan tawa bahagia menggema di aula kebesaran SDK Santa Maria kala itu setelah anak-anak, orang tua, bapak ibu guru dan panitia mengetahui bahwa anak-anak SDK Santa Maria Blitar lulus 100 %.
                                                                                                                              
“SELAMAT DAN SUKSES” buat kalian semua yang baru saja lulus. Semoga di sekolah yang baru ilmu yang kalian dapat semakin berkembang dan menjadi anak-anak yang pandai serta bijaksana dikemudian hari.


Comments

Popular posts from this blog

Pembagian Kelas Baru Tahun Pelajaran 2012-2013

Daftar Siswa Tahun Pelajaran 2018-2019

Daftar Siswa Kelas Tahun Pelajaran 2015/2016