Belajar Berdemokrasi

Penilihan Ketua Kelas

Hari Senin, 18 Januari 2010, anak kelas 5B SDK Santa Maria Blitar, belajar sesuatu yang baru dan penting. Pelajaran tersebut adalah demokrasi. Baru dari segi cara dan penting, karena mereka semua yang terlibat harus menjunjung tinggi sportifitas, kejujuran, dan semangat kebersamaan. Demokrasi yang dimaksud adalah pemilihan ketua kelas.

Sebenarnya pemilihan ketua kelas adalah hal yang lumrah dilakukan di tiap kelas, dan sekolah setiap tahun, demikian halnya di sekolah kami. Namun yang menarik kali ini adalah cara mereka memilih ketua kelas tersebut. Cara yang umum dilakukan selama ini adalah, penunjukan oleh wali kelas, pemilihan secara aklamasi, ataupun voting tertutup. Namun yang anak-anak lakukan kemarin adalah pemilihan yang menyerupai pemilu yang dilakukan oleh orang dewasa.

Tahap yang dilalui adalah pengusulan calon oleh warga, kemudian disepakati pemilihan dengan tertutup, dengan menggunakan kartu suara bernomor dan bergambar peserta,
penghitungan dan pengesahan. Inilah potret kegiatan mereka.

Surat suara yang dipakai.

Memilih sesuai dengan hati nurani (he..he..he..)

Memasukkan kertas yang sudah dicentang ke kotak suara

Menghitung perolehan suara

Hasil Rekap, Ketua Kelaspun didapat.

Mendampingi proses pemilihan ketua kelas 5 ini, sempat terbayang proses serupa yang terjadi di tingkat yang lebih tinggi, desa, kabupaten, dan pemilu legislatif. Ada nama yang diunggulkan tetapi tidak sesuai yang diharapkan. Ada nama yang tidak diunggulkan tetapi warga memilihnya. Itulah jika hati nurani yang bekerja.

Beberapa hal yang bisa kami rekam dari peristiwa kemarin adalah:
  1. Anak-anakpun bisa melakukan kegiatan demokratis. Ini bisa menjadi modal bagi mereka kelak.
  2. Kita bisa melihat kejujujuran dari mereka dalam memilih.
  3. Betapa anak-anak sportif mengakui kemenangan dan kekalahan di antara calon yang dijagokan.
Semoga saja pelajaran kali ini tertanam dalam hati mereka, sehingga kehidupan berdemokrasi pada masa mereka nanti lebih baik dari saat ini.. Selamat buat yang terpilih dan selamat buat yang tidak terpilih karena semuanya telah menjadikan pemilihan kali ini seru, lancar, dan sportif.


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pembagian Kelas Baru Tahun Pelajaran 2012-2013

Daftar Siswa Tahun Pelajaran 2018-2019

Daftar Siswa Kelas Tahun Pelajaran 2015/2016